HeadlineJelajah

Pohon Nangka Berbuah Durian, Bikin Geger Warga Purwosari Babadan

Aneh tapi nyata, fenomena yang terjadi Desa Purwosari Babadan. Bagaimana tidak, Pohon nangka yang usianya sudah 20 tahun, berbuah durian. Tak ayal banyak warga yang ingin melihat secara langsung, sehingga harus mendapat pengamanan juga dari Bhabinkamtibmas Desa setempat, lantaran dikhawatirkan terjadi kerumunan.

Aipda Sanda Wijaya, Bhabinkamtibmas Desa Purwosari Babadan menceritakan, jika awalnya pemilik pohon yakni Marjuki, pada hari Senin kemarin, sempat curiga saat melihat pohon nangka miliknya. Dari bawah terlihat ada satu buah yang cukup aneh berbeda dari layaknya nangka pada umumnya. Lantas pemilik pohon meminta anak buahnya untuk memanjat untuk memastikan. Setelah dipanjat, benar saja ada satu buah nangka yang berduri mirip layaknya durian. Selain itu warnanya juga cokelat kekuningan persis seperti durian. Bentuknya juga cenderung bulat bukan lonjong layaknya nangka.

Masih kata Aipda Sanda, setelah dicek lagi ternyata masih ada satu buah lagi yang mirip dengan durian. Namun yang satu ini hanya separuh bagian saja yang mirip dengan durian, sehingga total salam satu pohon itu ada 2 yang mirip dengan durian. Diakui karena saking tingginya pohon sehingga baru terpantau ketika buah sudah berukuran agak besar. Pemilik juga akan membiarkan buahnya tua hingga layak panen baru akan membuka untuk memastikan rasa buahnya mirip nangka atau durian.

Akibat fenomena aneh ini banyak warga yang mulai berduyun duyun mendatangi dukuh Kacang, Desa Purwosari. Kebanyakan warga datang lantaran ingin melihat secara langsung keanehan buah tersebut. Sehingga pihaknya terus memonitoring agar tidak terjadi kerumunan ditengah pandemi ini.