Ruang Isolasi Rumah Sakit Rujukan Corona di Ponorogo Nyaris Overload

Ruang isolasi rumah sakit rujukan corona di Ponorogo, nyaris overload. Heni Lestari, Kabid pencegahan dan pengendalian penyakit dinas kesehatan menjelaskan Bed Occupancy Rate (BOR) atau tingkat keterisian ruang isolasi rumah sakit sudah mencapai 94,5 persen. Saat ini Ponorogo mempunyai 127 ruang isolasi yang tersebar di lima rumah sakit rujukan. Dari jumlah tersebut hingga  Senin 21 juni kemarin, 120 ruang isolasi, telah terisi. Sehingga bisa dikatakan BOR ruang isolasi di Ponorogo berada di zona hitam.


Lanjut Heni, jumlah ruang isolasi rumah sakit rujukan di Ponorogo memang sangat sedikit sehingga jika ada lonjakan kasus, ruang isolasi akan cepat penuh. Pihaknya berharap dalam waktu dekat akan ada penambahan tempat tidur, sehingga kasus yang seharusnya dirujuk bisa segera ditangani di rumah sakit. Heni mengakui kasus covid Kabupaten Ponorogo angkanya dalam minggu ini mengalami kenaikan. Sehingga pasien yang akan dirujuk ke rumah sakit terkendala. Bahkan banyak yang tertahan di IGD karena ruang isolasinya cukup penuh.

Untuk ruang Intensive Care Unit (ICU), Heni menjelaskan dari total 26 tempat tidur saat ini terisi 14 tempat tidur atau 53,8 persen. BOR ICU ini agak turun karena memang jumlah ruangan atau bed nya ditambah. Sedangkan rumah karantina khusus pasienCovid-19 tanpa gejala telah terisi 43,2 persen. Dari kapasitas 74 tempat tidur, rumah karantina di Jalan Trunojoyo terisi 32 tempat tidur.