Wisata Sawah Lungguh di Bareng Pudak, Baru 30 Persen Tetapi Sudah Banyak Pengunjung

Patut dicontoh apa yang dilakukan pemerintah desa Bareng Pudak untuk meningkatkan perekonomian warganya. Dengan lokasi di lereng pegunungan maka tak heran suasana asri dan sejuk tentu menjadi jujukan. Oleh karena itu pemerintah desa membuatkan Wisata Sawah Lungguh. 


Yahudi, Kades Bareng Pudak mengatakan sebenarnya pengerjaan baru berjalan 30 persen. Tetapi karena minat masyarakat cukup tinggi maka pengunjung pun cukup banyak. Terhitung untuk akhir pekan bisa sampai 500 pengunjung dan untuk hari biasa bisa mencapai 200-an pengunjung. Yahudi menceritakan bagaimana bisa membuat tempat wisata Sawah Lungguh tersebut.

Ide bermula dari 6 tahun yang lalu tetapi baru bisa jalan di pertengah tahun 2019. Pihaknya kemudian mengadakan studi banding di Malang dengan memberangkatkan 100 pemuda, kemudian dari hasil tersebut mulai dibukalah cafe Sawah Lungguh.

Nantinya bakal ada taman bunga, kolam pemancingan, kolam perahu yang saat ini sudah berjalan, pembibitan ikan, mina padi yaitu sawah yang dibawahnya dipelihara ikan. Yang luar biasa adalah untuk mina padi diprakarsai oleh kelompok ibu-ibu.

Yahudi menambahkan untuk jarak dari Kota Ponorogo Wisata Sawah Lungguh berjarak 25 kilometer dan jika malam hari maka bisa melihat kelap kelip kota yang indah. Untuk membangun tempat wisata tersebut, tak tanggung-tanggung sebanyak 600 juta sudah dihabiskan. (ab)