Debog , Limbah Pohon Pisang Yang Punya Nilai Ekonomis Untuk Berbagai Kerajinan Tangan

Debog  bagi sebagaian orang  hanya  sebagai sampah  yang sering dionggokan begitu saja dikebun. Namun ditangan orang orang keratif ,  pelepah batang pohon pisang tsb bisa memiliki nilai ekonomis alias bisa dijual untuk menambah penghasilan. Caranya, di olah dahulu untuk berbagai keripik ataupun kerajinan tangan -Craft. Melalui rumah kreatif badan usaha milik negara -RKB , puluhan puluhan UMKM dilatih untuk bisa membuat berbagai macam kerajinan tangan dengan menggunakan debog  selama 2 hari terakhir.


Seperti disampaikan Hartini salah satu peserta, pelepah batang pohon pisang tersebut  awalnya dikeringkan . Kemudian bisa diolah menjadi bahan kerajinan sesuai keinginan. Ada yang dibuat tas, hiasan dinding,kotak pensil, pigura tempat tisu , aneka bunga dan masih banyak lagi . Bahkan karena dirinya bergerak dibidang pembuatan batik ingin mencoba mengkolaborasikannya.

Lebih lanjut dijelaskan tak ada kesulitan khusus dalam pembuatan craft berbahan debog asalkan telaten. Dipilihnya debog karena banyak dijumpai dimana mana ,sehingga murah meriah. Untuk pemasaran ,nantinya akan di ikut sertakan dalam pameran.