Wujudkan Ponorogo Hebat, Bersih dan Sehat, PMI Ponorogo Adakan Sosialisasi dan Edukasi di HOS Cokroaminoto

Catatan inspiratif datang dari PMI Kabupaten Ponorogo. Guna mewujudkan Ponorogo Hebat, organisasi perhimpunan nasional yang bergerak dalam bidang sosial kemanusiaan ini, menyelenggarakan gerakan Ponorogo bersih dan sehat. Titik yang menjadi sasaran kegiatan adalah sepanjang jalan HOS Cokroaminoto.


Luhur Karsanto, Ketua PMI Ponorogo kepada Gema Surya mengatakan, pihaknya mengerahkan ratusan siswa sekolah yang tergabung dalam ekstra Palang Merah Remaja (PMR). Karena masih masa pandemi, mereka tetap dibekali protokol kesehatan sehingga dalam pelaksanaanya lancar.

Acara yang digelar mulai Sabtu (29/5/21), lebih ditekankan pada sosialisasi dan edukasi kepada semua warga dikawasan jalan HOS Cokroaminoto. Adapun tujuan kegiatan, pertama mendidik pentingnya menanamkan karakter hidup bersih dan sehat yang sudah tertuang dalam Tri Bhakti PMR.

Kedua, mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk terbiasa hidup bersih sesuai dengan protokol kesehatan. Ketiga, PMI berusaha membantu pemerintah dalam hal kebersihan. Harapannya akan tercipta Ponorogo yang Indah, bersih sesuai dengan apa yang diprogramkan Bupati Sugiri Sancoko, Ponorogo Sehat, Ponorogo Hebat.

Sementara Deviana Elvandari, anggota PMR dari SMA Negeri 1, mengaku sangat antusiasme dengan kegiatan yang digelar PMI Ponorogo. Pasalnya dia dan teman temannya bisa terjun langsung ke masyarakat selain sosialisasi terkait kebersihan disepanjang jalan HOS Cokroaminoto, juga edukasi terkait pentingnya hidup sehat diera pandemi untuk selalu menjaga protokol kesehatan.

Karenanya, pihaknya juga bagi bagi masker untuk pengguna jalan yang kebetulan tidak membawa masker. Kegiatan tersebut dilakukan selama 3 hari, disepanjang jalan HOS Cokroaminoto, namun tak menutup kemungkinan bisa meluas kewilayah lain. (rl)