Setahun Masa Pandemi 773 PMI Ponorogo Pulang Kampung

Setahun pandemi ada ratusan pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Ponorogo, data di Dinas tenaga kerja (Disnaker) Sejumlah 733 Pekerja Migran Indonesia (PMI) sudah berada di kampung halaman. Rata-rata kepulangan mereka ke kampung kelahirannya karena kontrak dengan majikan sudah habis, kendati begitu ratusan PMI yang pulang itu dipastikan tidak terjangkit Covid-19.


Bedianto kepala Disnaker Ponorogo mengungkapkan PMI pulang ke Indonesia adalah hal wajar, namun saat pandemi syarat kepulangan PMI sangat ketat. Selama Pandemi PMI yang habis kontrak dan ingin perpanjangan kontraknya disana juga dilayani, sementara yang akan pulang juga dilayani namun dengan syarat sebelum pulang juga harus dipastikan PMI tidak terkena Covid-19. Sebelum pulang mereka di karantina di Negara mereka bekerja lalu diijinkan pulang ke Indonesia.

Bahkan di Bandara Soekarno Hatta Jakarta meskipun dari negara tujuan PMI sudah dikarantina namun akan dikarantina lagi di wisma atlet baru dipulangkan ke Kabupaten masing-masing. Sesampai di Kabupaten di cek lagi oleh satgas untuk melihat kondisi kesehatan PMI. Tota untuk pemberangkatan dari 2020 sampai 2021 ada 1.739 orang, Itu Pun yang berangkat pada tahun 2021 hanya 55 orang.