SMAN 3 Ponorogo Buka Program Pembelajaran SKS Pada Ajaran Tahun 2021/2022

Terobosan baru dilakukan SMAN 3 Ponorogo pada Tahun ajaran 2021/ 2022, pada bulan juli mereka akan menyelenggarakan program sistem kredit semester atau (SKS). Namun untuk mengikuti program tersebut siswa harus mengikuti placement test ( tes penempatan ) terlebih dahulu untuk mengetahui kemampuan siswa apakah individu siswa tersebut sanggup menyelesaikan pendidikan hingga tuntas 2 tahun atau tidak.


Sasmito pribadi PLT Kepala SMAN 3 Ponorogo mengatakan program tersebut untuk memfasilitasi anak-anak sesuai dengan kecepatan, kemampuan dan percepatan mereka sesuai individu masing-masing, karena memang peserta didik atau individu mempunyai kemampuan dan karakter yang berbeda-beda. Lanjut Sasmito, anak-anak lulusan SMP atau MTS bisa masuk ke program SKS namun di awal masuk akan dilakukan placement test bekerjasama dengan  fakultas Psikologi universitas Airlangga surabaya. Saat placement test meliputi tes psikologi, nilai kelulusan satuan pendidikan dan nilai raport, dengan test tersebut maka siswa akan diketahui apakah siswa tersebut mampu pendidikan selama 2 tahun atau 3 tahun. Masih kata sasmito siswa yang mengikuti program sks itu akan dicampur dengan siswa yang regular namun kadang kala juga akan dijadikan dengan siswa yang sama yang mengambil program SKS, pihaknya berharap dengan pembukaan program SKS untuk siswa bisa memfasilitasi siswa dengan berdasarkan kemampuan kecerdasaan masing masing.

Sekedar informasi sabtu 10 April SMAN 3 Ponorogo mengadakan Focus Group Discussion (FGD) dengan mengambil tema “Membangun interaksi harmonis antara guru BK dengan siswa dalam rangka meningkatkan prestasi akademik di SMA N 3 Ponorogo” dengan narasumber profesor Doktor  suryanto M.Si dari Dekan fakultas Psikologi universitas airlangga Surabaya, yang diikuti oleh Guru BK SMP se Ponorogo. Kegiatan tersebut berlangsung Virtual dibuka oleh Nurhadi hanuri Kepala Cabang dinas pendidikan Jawa timur wilayah Ponorogo.