Ramadan 2021 Pemerintah Lebih Melonggarkan Kegiatan Keagamaan

Ramadhan 2021 Pemerintah lebih melonggarkan kegiatan keagamaan. Hal itu tertuang dalam Surat Edaran Menag R1 nomor 3 tahun 2021. Syaikhul Hadi Kepala Kantor Kemenag Ponorogo membenarkan hal tersebut sesuai dengan surat edaran RI seiring dengan surat edaran Bupati Ponorogo, kegiatan keagamaan di bulan Ramadhan tahun ini memang lebih longgar jika dibandingkan tahun 2020 kemarin.


Dalam surat edaran tersebut dijelaskan jika kegiatan keagamaan seperti tarawih dapat dilaksanakan di Masjid atau Mushola setempat dengan ketentuan hanya diisi 50 persen dari kapasitas. Selain itu protokol kesehatan juga tetap harus diterapkan, realisasinya di masyarakat nanti akan diserahkan pada takmir atau pengurus keagamaan dimasing masing lingkungan. Jika memang satu lingkungan tersebut resiko tinggi penularan covid, aturan bisa menyesuaikan.

Sementara itu terkait silaturahmi di moment lebaran lanjut Syaikhul, pihaknya masih menunggu surat edaran lebih lanjut lantaran sangat rentan dengan hal pengumpulan masa. Saat ini masih dalam tahap koordinasi dengan pihak-pihak terkait. Harapannya di Ramadhan dan lebaran tahun ini bisa dijalankan lebih baik dan kasus covid dapat ditekan lebih maksimal lagi.