Bibit Dibatasi, Harga Ayam Potong di Pasaran Semakin Melejit

Mahalnya harga daging ayam potong dalam beberapa hari terakhir bukan hanya karena permintaan naik menjelang puasa,tapi juga karena terbatasnya ayam di kandang, hal tersebut disampaikan Edy Susanto peternak ayam potong asal kedung banteng sukorejo Jumat (09/04) dimana bibit ayam umur satu hari atau DOC informasinya dibatasi.


Kebijakan dari Kementerian Pertanian itu sudah berlaku sejak awal tahun lalu  dengan tujuan agar harga ayam tidak anjlok, hanya saja bagi peternak sendiri dengan tingginya harga saat ini juga mengkhawatirkan dikarenakan bisa mempengaruhi daya beli konsumen. kalau peternak lebih menginginkan harga stabil sehingga antara peternak, pedagang maupun konsumen sama-sama untung.

Diakui jika dengan harga 24 ribu rupiah per kg untuk timbang hidup, saat ini menguntungkan peternak karena ada keuntungan hingga 50 persen dibanding sebelumnya, tapi kondisi itu bisa saja tidak bertahan lama, jika daya beli konsumen turun maka harga akan anjlok dengan cepat, idealnya harga ayam diatas HPP yakni antara 19 hingga 20 ribu per kg peternak untung sedikit tapi langgeng.