Warga Badegan Regang Nyawa Saat Mencangkul Sawah

Daftar kasus petani yang meninggal di sawah kian bertambah panjang. Terakhir terjadi di kawasan Blemben, Jambon, Kamis pagi (8/4). Diduga karena kelelahan, Kaderi (50) warga Bandaralim, Badegan meregang nyawa saat mencangkul di sawah.


Iptu Nanang Budianto, Kapolsek Jambon, kepada Gema Surya mengatakan, menurut keterangan saksi, korban bekerja menuai padi di sawah milik Supriyadi warga Blembem bersama dua rekan lainnya, 5 hari terakhir ini. Seperti biasa, setiap pagi korban memulai aktivitasnya dengan sarapan di sawah. Selepas sarapan lalu lanjut bekerja kembali, kebetulan korban saat itu sedang mencangkul tepian sawah. Belum lama mencangkul lalu korban tiba-tiba pingsan dan ditolong oleh rekanya. Setelah diperiksa oleh tim medis ternyata korban dinyatakan sudah meninggal dunia. Menurut keterangan saksi, selama bekerja korban tidak terlihat sakit atau mengeluh capek.

Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim medis, lanjut Iptu Nanang, pada tubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda penganiayaan. Sedangkan penyebab kematian diduga lantaran serangan jantung karena faktor kecapekan. Setelah pemeriksaan, keluarga menerima sebagai musibah lantas jenazah langsung diserahkan untuk dimakamkan. Korban meninggalkan dua anak, salah satunya masih balita. Himbauan kepada para petani agar tidak memaksakan untuk bekerja jika kondisi tubuh sudah terlalu lelah.