HeadlineJelajah

Bantuan Pangan Bagi Panti dan Lembaga Sosial Naik, Namun Pencairan Molor

Setelah BPNT dan BST molor pencairanya, kini menyusul bantuan pangan bagi Panti dan Lembaga Sosial juga ikut molor. Ada sekitar 51 Panti Asuhan dan Lembaga Sosial di Ponorogo yang mendapat bantuan pangan dari APBD. Bantuan tersebut hingga awal April 2021 belum bisa tersalurkan.

Supriyadi, Kepala Dinas Sosial dan P3A Ponorogo membenarkan hal itu. Pihaknya mengakui jika bantuan tersebut memang seharusnya dapat dicairkan pada bulan maret. Hal ini lantaran tahun 2021 ini teknis penyaluran bantuan nya berbeda. Jika sebelumnya bantuan disalurkan satu tahun sekali, tahun ini per triwulan. Namun, dikarenakan ada sesuatu hal, akhirnya terpaksa belum bisa disalurkan.

Terkait keterlambatan ini, pihaknya mengklaim sudah berupaya untuk berkomunikasi dengan lembaga terkait agar secepatnya bisa dicairkan. Kepada seluruh lembaga sosial juga sudah diberi informasi. Disisi lain, meski mengalami keterlambatan sebenarnya nominal bantuan tahun 2021 ini naik menjadi 10rb/orang per hari. Nominal tersebut nanti dikalikan jumlah penghuni panti dan diberikan berupa uang serta hanya untuk keperluan makan. Jika diakumulasi, dana tersebut mencapai 13 M.

Sekedar informasi, salah satu panti dhuafa di Turi Jetis sempat memposting di PO942 jika stok pangan dipantinya mengalami kekosongan.