Berlaku Nasional BPNT Dan BST Bulan Maret 2021 Ditunda Pencairanya

Bantuan pangan non tunai (BPNT) dan Bantuan sosial tunai (BST) untuk bulan Maret 2021 dipastikan ditunda pencairanya sehingga keluarga penerima manfaat (KPM) diharapkan lebih bersabar. Hal tersebut disampaikan Supriyadi Kepala Dinas sosial Ponorogo merespon banyaknya pertanyaan dari warga masyarakat terkait belum cairnya bantuan tersebut. 


Supriyadi memastikan jika BPNT dan BST bulan Maret ini hanya ditunda penyalurannya. Penundaan ini berlaku secara Nasional dan bukan hanya Ponorogo saja. Hal ini lantaran pihaknya menerima pemberitahuan dari Kemensos pusat mengenai adanya perbaikan data NIK yang harus disamakan dengan data yang ada di Dukcapil. Sebenarnya untuk Ponorogo perbaikan data ini sudah selesai diinput, namun masih harus menunggu Kabupaten lain yang masih belum selesai. Nantinya setelah seluruh perbaikan data di seluruh Kabupaten selesai baru akan dilakukan pencairan secara serentak. Terkait kapan tepatnya pihaknya hingga kini belum mendapat informasi lanjutan.

Masih kata supriyadi, adanya perbaikan data ini tidak menutup kemungkinan nantinya akan ada pengurangan KPM, hal ini karena ada beberapa NIK yang pemiliknya sudah meninggal dan tidak bisa digantikan. Sekedar informasi bantuan pangan non tunai (BPNT) dan Bantuan sosial Tunai (BST) biasanya sudah bisa dicairkan per tanggal 10 setiap bulanya.