Truk Oleng Jadi Tren, Salah Satu Warga Jalan Wilis Nologaten Kebanjiran Order Truk Mainan

Ide bisa datang dari mana saja. Berawal dari maraknya truk oleng di Youtube warga jalan Wilis Nologaten yakni Arif Budianto (42) ini mempunyai ide untuk membuat usaha mainan truk oleng. Tak disangka meski baru dua bulan berjalan bisnis ini beromzet puluhan juta per bulan. 


Arif Budianto pembuat maianan truk oleng mengatakan, awalnya dirinya  mencoba dulu memasarkan penjualan di media sosial FB, IG. Tanpa diduga, ternyata responnya bagus terus banyak permintaan hingga kewalahan bahkan 1 bulan terakhir permintaan membludak. Pemasarannya pun hingga Bandung, Solo, Wonogiri, dan Yogyakarta. 

Dalam sehari dirinya bisa memproduksi 15 unit mainan. Untuk prosesnya bertahap mulai dari membuat roda, kerangka, bak truk, kepala truk, hingga merangkai. Bahan pun mudah didapat yakni triplek dan kayu mahoni bisa di beli di toko bangunan. Lanjut anto panggilannya, namun yang paling susah mencari kayu buat roda, pasalnya membuat diameter kayu yang pas untuk roda.

Menariknya, Anto memilih merekrut siswa SMK yang saat ini hanya mengikuti sekolah online. Total ada enam siswa yang membantu Anto membuat mainan truk oleng. Untuk satu unit truk buatannya dihargai Rp 100 ribu untuk ukuran panjang 60 sentimeter dan Rp. 150 ribu untuk ukuran panjang 75 sentimeter.

Sementara, salah satu siswa SMK Anas Amirul Mukminin (17) mengaku senang bisa mendapat penghasilan seusai belajar daring. Tidak ada kesulitan dalam membantu memasang lampu dan merangkai truk. Menurutnya dirinya juga bisa membagi waktu antara belajar daring dan bekerja sampingan ini. (yd)