Satgas Covid-19 Kelurahan Tonatan Gencarkan Penyemprotan Disinfektan

Upaya pencegahan penyebaran covid-19 terus diupayakan berbagai pihak. Seperti yang dilakukan oleh tim satuan tugas (Satgas) covid-19 di Kelurahan Tonatan, Ponorogo yang melakukan penyemprotan disinfektan, Ahad (28/02/21) pagi, secara serentak di 22 RT bersama pemerintah kelurahan setempat dan warga masyarakat.


Ketua satgas covid-19 Kelurahan Tonatan, Suwoso mengatakan, sebelum dilakukan penyemprotan tersebut, pihaknya mengumpulkan semua ketua RT untuk koordinasi dan pembagian tugas. Dengan jumlah anggota satgas 10 orang, pihaknya harus membagi untuk 22 RT. Alhasil satu orang bisa handle 2 hingga 4 RT sekaligus. Belum lagi jumlah alat yang terbatas sehingga harus rela bergantian agar semuanya bisa rampung dalam sehari.

Namun meski demikian, tidak mengurangi semangat satgas dan warga untuk memberantas virus corona. Bahkan pihaknya mewacanakan akan menggelar kegiatan serupa setiap Ahad se-kelurahan Tonatan. Selain penyemprotan, lanjut Suwoso, tim satgas juga mengambil peran di setiap kegiatan masyarakat seperti hajatan dan sebagainya agar acara berjalan lancar dan menerapkan protokol kesehatan.

Sementara, Kepala Kelurahan Tonatan, Sarno menjelaskan, kegiatan penyemprotan secara masal tersebut sebagai tindak lanjut dari SK Bupati tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) mikro di tingkat kelurahan sampai desa.

Dalam mempersiapkan giat tersebut, tentunya mendapat apresiasi dan dukungan dari semua warga lingkungan setempat. Dijelaskan semua tim merupakan anggota satgas, sedangkan pihak kelurahan menyediakan obat semprotnya sebanyak 7 botol.

Lanjutnya, meski kasus covid-19 di kelurahannya masih ditemukan, namun satgas Tonatan begitu aktif, sehingga setiap ada yang terkonfirmasi tim satgas bergerak langsung melakukan penyemprotan serta mengendalikan kerumuan dan upaya lain agar virus tidak menyebar luas. (aj)