Harga Cabe Rawit Melonjak, Konsumen Beralih ke Cabe Kering

Meroketnya harga cabe rawit membuat masyarakat beramai-ramai beralih ke cabe kering. Karena itu tidak heran,  permintaan cabe kering di pasaran meningkat tajam. Waris, salah satu pedagang cabe kering di pasar relokasi mengakui, sejak sebulan terakhir atau sejak kenaikan harga cabe segar, dagangannya juga laku keras. Bila sebelumnya sehari rata-rata terjual 15 kilogram, maka saat ini naik 50 persen menjadi 30 – 35 kilogram


Banyak alasan kenapa konsumen beralih menggunakan cabe kering. Diantaranya, karena harganya yang jauh lebih murah ketimbang cabe segar. Harga cabe segar mencapai sekitar 90 ribu rupiah per kilo, sedangkan harga cabe kering hanya sekitar 65 ribu perkilogramnya. Selain harga, warna masakan yang menggunakan cabe kering juga lebih cantik, meski rasanya memang tidak seenak cabe segar.

Ditambahkan, biasanya konsumen memanfaatkan cabe kering tersebut sebagai bahan campuran sambel pecel dan sambel mie ayam ataupun bakso. Sementara cabai-cabai kering itu merupakan cabe impor dari India yang dia peroleh dari luar daerah.