HeadlineJelajah

Wereng Juga Menyerang Tanaman Padi di Grogol Sawoo

Serangan hama wereng di Ponorogo kian meluas. Selain menyerang tanaman padi di wilayah kecamatan Bungkal, serangan wereng juga mulai menyerang padi milik para petani di Grogol Sawoo. Seperti dikatakan Marsanto, Petugas Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan ( POPT ) Sawoo kepada Gema Surya, laporan soal serangan hama wereng itu diterima sekitar sepekan lalu. Karena itulah pihaknya bergerak cepat untuk membantu mengendalikan dengan melakukan penyemprotan massal bersama petani setempat.

Sebab, kalau terlalu lama dibiarkan, bisa saja tanaman padi akan mengering sehingga berpotensi gagal panen. Untungnya para petani segera melapor, sehingga upaya-upaya pencegahan penyebarannya bisa ditekan. Masih kata Marsanto, areal tanaman padi milik warga yang terserang 0,56 hektar.  Untuk serangan di Grogol tersebut, masih masuk kategori ringan. Diharapkan dengan pengendalian dini, serangannya tidak meluas ke lahan lainnya.

Sementara itu Budi Setiawan, salah satu petani dari desa Grogol Sawoo menyampaikan, sekitar 40 an petani ikut terlibat dalam penyemprotan massal bersama petugas OPT Sawoo tersebut. Meskipun belum ada kerugian yang berarti akibat serangan hama wereng tersebut, tapi tetap saja para petani merasa was-was. Hasil panenan akan turun drastis dibanding musim tanam sebelumnya.

Sementara usia tanaman saat ini mencapai sekitar 75 hari. Beruntung untuk penyemprotan yang ketiga tersebut, pihaknya mendapat bantuan obat-obatan untuk mengendalikannya. Pasca disemprot, nantinya akan dilihat, apakah masih ada serangan, bila ternyata masih ditemukan, akan dilakukan penyemprotan lagi.