Target Uji Kir Terpenuhi dan Tidak Terimbas Oleh Pandemi

Jika retribusi parkir tidak mencapai target karena pandemi corona, Berbeda dengan capaian pendapatan Uji KIR, target pendapatan Uji KIR kendaraan tahun 2020 melebihi target yang telah ditetapkan oleh Pemkab yakni 1,7 Milyar. Muchamad Rodiatam Kepala UPT Pengujian Kendaraan Bermotor ( PKB) mengatakan dari target 1,7 Milyar, lebih 2-10 persen untuk pencapaian nya, pada tahun 2019 juga melebihi target dari yang ditetapkan.


Rodiatam mengklaim pandemi corona tidak berpengaruh untuk yang melakukan UJI KIR kendaraan, pasalnya masyarakat sadar terkait kegunaan Uji KIR kendaraan untuk keselamatan berkendara. Selama pandemi corona untuk memperbaiki kendaraan pihaknya memberikan toleransi, jika sebelumnya hanya 2 hari, saat ini diberikan waktu selama seminggu untuk kendaraan yang tidak lulus uji KIR, tersebut.

lanjut Rodiatam, biaya untuk UJI KIR yakni kisaran minimal Rp75.000 hingga Rp100.000 dengan minimal tonase kendaraan 3,5 ton. Dalam Uji KIR kendaraan akan dilakukan pengecekan sistem Rem, sistem penerus daya, smoke tester atau uji kepekatan asap.