Akibat Hujan Deras 12 Titik Wilayah Kota Tergenang Air

Sebanyak 12 titik disekitaran wilayah Kecamatan Ponorogo berdasarkan data BPBD Ponorogo Rabu (6/1/21) sore hingga malam tergenang air. Pasalnya intensitas hujan tinggi dengan durasi cukup lama. Apalagi aliran sungai cukup deras serta rumpun bambu juga ikut hanyut sehingga disinyalir menghambat aliran sungai. Bahkan drainase di sekitaran jalan wilayah kecamatan Kota kapasitasnya sudah tidak mampu menampung air sehingga meluap di jalan.


Setyo Budiono Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo mengakui, memang ada beberapa titik jalan di wilayah kecamatan kota menjadi langganan banjir. Misalnya Jl. Diponegoro, Jl. dr. Soetomo, Jl. Jaksa Agung, Jl. Sumatra, Jl. Subali, Jl. Poncowolo, dan Jl. Serakung. Ketinggian air pun beragam mulai dari 5 hingga 15 cm. Lanjut Setyo Budiono, memang ada yang masuk rumah di Jl. Serakung namun tadi malam juga sudah surut.

Pihaknya sebenarnya juga sudah melakukan normalisasi di beberapa titik di aliran sungai Jl. Subali meskipun bukan wewenang tugasnya. Namun rabu malam di aliran sungai ada rumpun bambu yang cukup banyak sehingga itu yang menyebabkan aliran sungai juga meluber ke jalan.

Setyo Budiono mengatakan untungnya kejadian banjir Rabu malam tidak ada kerugian material lantaran cepat surut. Meskipun beberapa aliran sungai debit air mengalami kenaikan. (yd)