Dinkes Ajukan 7000 Nakes Untuk Prioritas di Vaksin Gratis

Pemerintah pusat berencana akan memberikan vaksin Covid-19 kepada masyarakat mulai bulan Januari 2021, Dinas Kesehatan Ponorogo mengajukan 7000 an orang tenaga kesehatan (nakes) untuk menjadi prioritas pertama di vaksin gratis. Hanya saja kata drg. Rahayu Kusdarini Kepala Dinas Kesehatan, dari jumlah nakes yang diajukan tersebut, belum diketahui pasti yang disetujui.


Dikatakan 7000 tenaga kesehatan tersebut tersebar di Dinas kesehatan, Rumah sakit, hingga karyawan BPJS kesehatan, pihaknya telah menyiapkan vaksinator sejumlah 93 orang dan 41 fasilitas kesehatan ( faskes). Untuk faskes dengan rincian 31 Puskesmas, 6 Rumah sakit, 2 klinik TNI/Polri dan 2 klinik swasta yang telah lolos verifikasi, secara Nasional rencana pemberian vaksin akan mulai dilakukan tanggal 13 Januari dimana Presiden Jokowi menjadi yang pertama kali mendapatkan vaksin, dan Tgl 14 Januari seluruh Provinsi dan Kabupaten Kota melakukan vaksinasi secara serentak pada gelombang pertama.

Namun hingga kini belum ada info dari Pemerintah Provinsi untuk mengambil vaksin yang saat ini berada di Pemerintah Provinsi. Sementara itu, untuk masyarakat umum yang bisa memperoleh vaksin corona adalah  berumur 18-59 tahun, belum pernah terpapar Covid-19, dan tidak mempunyai penyakit penyerta.