Awal Tahun Stok Semua Golongan Darah di UDD PMI Ponorogo Menipis

Mengawali Tahun 2021 hal Tak biasa dialami oleh UDD PMI Ponorogo, jika biasanya UDD PMI yang beralamat di Jl. Dr. Sutomo ini hanya ada satu atau dua golongan darah saja yang stoknya menipis, tapi di awal tahun 2021 ini semua stok darah menipis dan bahkan ada yang kritis.


Sunarmi Kabid Pelayananan UDD PMI Ponorogo kepada gema surya Ahad (03/01) mengatakan tidak hanya menipis, namun golongan darah B sudah dalam fase kritis secara stok, Karena permintaan darah di PMI selama ini cukup banyak dan stok berkurang. Akan tetapi menurut Sunarmi, untuk kebutuhan dropping darah ke Bank Darah Rumah Sakit (BDRS) masih bisa terlayani seperti RS Muslimat dan RS Muhammadiyah. Sunarmi mengatakan jika menipisnya stok tersebut dikarenakan situasi yang masih pandemi, sehingga pendonor rutin seperti pelajar dan mahasiswa yang sekolahnya libur tidak bisa mendonor darahnya.

Sebelumnya pihaknya rutin berkunjung ke sekolah-sekolah dan juga kampus, meski begitu Beruntung saat ini pihaknya masih memiliki kelompok donor darah seperti anggota karang taruna. Sunarmi menambahkan saat ini dengan ketersediaannya yang menipis, maka ia juga mendapatkan bantuan dari Blitar sejumlah 80 stok darah.