HeadlineJelajah

Malam Tahun Baru 2021, Dishub Ponorogo Matikan Lampu PJU

Pergantian tahun 2020-2021 akan diwarnai suasana gelap gulita di sepanjang jalan protokol perkotaan. Bagaimana tidak, lampu Penerangan Jalan Umum atau PJU akan dipadamkan sejak jam 21.00 – 04.00 WIB mulai tanggal 31 Desember – 4 Januari 2021. Hal itu terpaksa dilakukan demi mencegah warga yang berkerumun mengingat kasus corona di Ponorogo yang kian melonjak. Seperti disampaikan Junaidi Kepala Dinas perhubungan Ponorogo kepada Gema Surya FM. Pihaknya menekankan jika yang dipadamkan adalah Lampu Penerangan Jalan Umum atau PJU bukan listrik yang mengalir ke seluruh rumah warga. Karena sempat beredar berita hoax yang bertuliskan jika listrik di malam tahun baru akan dipadamkan semua.

Terkait titik mana saja yang PJU nya akan dipadamkan, Lanjut Junaidi, hanya jalan protokol kota yang akan dimatikan, contohnya HOS Cokroaminoto, Jl Suromenggolo, Jl Batoro Katong, Jl Jendral Sudirman, Jl Urip Sumoharjo, Jl Imam Bonjol dan sekitar Aloon-Aloon serta ruas jalan yang berpotensi dijadikan tempat berkerumun. Setiap harinya akan dilakukan evaluasi. Jika pasca dimatikan lampu PJU ada titik perpindahan kerumunan, maka ruas jalan yang sebelumnya tidak dilakukan pemadaman PJU nanti berpotensi akan dipadamkan juga. Untuk itu di himbau warga agar tidak berkerumun.

Selain itu untuk jalan provinsi, Junaidi memastikan tidak ada pemadaman lampu PJU. Selain itu juga akan diadakan patroli oleh Dinas Gabungan demi menegakan penerapan protokol kesehatan di moment pergantian tahun. Hal ini juga sudah dituliskan dalam SE Bupati Ponorogo No. 713/3558/405.01.3/2020 tentang Penerapan Protokol Kesehatan.