Ponpes Darul Falah Sukorejo, Lounching DAFA MART, Sediakan Self Servis

Satu terobosan luar biasa di bidang perekonomian dilakukan Pondok Pesantren Darul Falah Sukorejo Ponorogo. Ponpes yang berada di jalan Mangga tersebut, membangun bisnis retail dengan nama Dafa Mart . Yang menarik, dalam bisnis tersebut karena menggabungkan layanan manual dan penggunaan IT. Ahad kemarin, telah dilakukan grand opening  di Dafa Mart Jalan Soekarno Hatta atau selatan kantor KPU Ponorogo, dan dibuka Adin Andana Warih selaku Kepala Dinas Perdakum mewakili Plt Bupati Sujarno.
Gus Riza Arif Acmadi, pimpinan Ponpes Darul Falah Sukorejo menjelaskan  Dafa Mart merupakan salah satu unit usaha di ponpesnya dengan harapan bisa menjadi penopang perekonomian pondok. Apalagi pihaknya menawarkan sesuatu yang berbeda dengan bisnis retail lainnya, yakni spot self servis. Konsumen cukup menggunakan kartu dalam berbelanja, selain mengambil barang barang yang dibeli secara mandiri, juga pembayarannya pun bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan kasir. Pembayaran secara mandiri tersebut sudah mulai di berlakukan dari para santrinya, dimana kartu santri yang dimiliki bisa dipakai untuk belanja.
Sementara Sayid Abas, Direktur Utama Dafa Mart menambahkan jika usaha retail yang dikembangkan Ponpes Darul Falah merupakan penerapan dari salah satu panca jiwa Pondok yakni jiwa berdikari. Tak heran jika di Ponpes Darul Falah Sukorejo banyak dikembangkan bisnis lain salah satunya Dafa Mart ini. Konsep Dafa Mart sama dengan perbelanjaan di bandara maupun stasiun, dengan sistem self sevis. Pasalnya sudah jarang orang mengantongi uang dalam jumlah besar bila bepergian. Sehingga cukup menggesekan kartu, sudah bisa dipakai untuk belanja apa saja. Namun tetap mempertimbangkan masyarakat awam yang belum begitu paham dengan teknologi digital sehingga tetap disediakan pembayaran secara manual. Lebih lanjut dijelaskan jika soft opening Dafa Mart sudah dilakukan 2 pekan lalu, dan baru dilakukan grand opening, ahad 29 November.
Adin Andana Warih, Kepala Dinas Perdakum yang sempat membuka grand opening Dafa Mart, mengaku bangga ada pondok pesantren yang bisa membangun usaha retail dengan konsep berbeda dari mini market lainnya. Karenanya, diharapkan bisa diikuti  oleh pengusaha lainnya di Ponorogo. Dafa Mart akan menjadi pembinaan Dinas Perdakum karena juga bergerak dibidang perdagangan.


Bagikan :
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •