Jelajah

Kesadaran Buang Sampah Pada Tempatnya Rendah, DLH Siaran Keliling

Masih rendahnya kesadaran warga Ponorogo membuang sampah pada tempatnya, memaksa Dinas Lingkungan Hidup turun tangan. Sejak beberapa bulan terakhir, OPD yang dipimpin Sapto Jatmiko tersebut, melakukan siaran keliling ke jalan-jalan protokol seminggu dua kali.  Selain itu, petugas yang turun tersebut melakukan pengawasan langsung untuk bisa menangkap warga yang sengaja buang sampah sembarang tempat. 

Seperti disampaikan Seni, Plt Kabid Pertamanan dan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup, setiap pagi di hari Selasa dan Jumat, pihaknya menurunkan tim menggunakan mobil bende keliling woro woro agar warga membuang sampah pada tempat pembuangan akhir TPS. Hasilnya, pantauan di sejumlah ruas jalan protokol yang sebelumnya membuang sampah cukup meletakan di pinggir-pingir jalan, kini sudah dimasukan ke kontainer maupun tong sampah. 

Lebih lanjut dikatakan semestinya di setiap RT ada paguyuban cinta bersih yang bisa ngurusi sekaligus menangani masalah sampah di lingkungannya masing-masing. Dulu sempat terbentuk, namun sayang akhirnya banyak yang tidak jalan, padahal sangat efektif agar tercipta kebersihan, keindahan, dan kenyamanan di lingkungan masing-masing menuju masyarakat yang sehat. (rl)