Lagi, Penipuan Berkedok Toko Online Terjadi, Korbannya PMI Asal Cekok Babadan Yang Bekerja di Taiwan

Hati-hati jika belanja barang melalui online. Meski sudah sering terjadi, namun banyak konsumen yang tertipu. Kali ini, korbannya Eka Nurjanah, warga desa Cekok Babadan.  Dirinya membeli sepeda listrik melalui  forum jual beli online di facebook, uang sudah ditransfer tapi barang tidak dikirim.


Kepada gema surya, wanita yang saat ini  menjadi Pekerja Migran Indonesia-PMI di Taiwan itu menceritakan, jika awalnya ingin membelikan sepeda listrik untuk ibunya dikampung halaman. Karena itu dia tergiur untuk membelikannya dengan cara online dengan mengunjungi forum jual beli di facebook. Saat itu dia tertarik dengan toko sepeda yang beralamat di Surabaya. Sebab ketika melihat kolom komentar,  rata-rata konsumen puas dengan kualitas barangnya. Memang ada satu dua yang komplain, namun karena keterlambatan pengiriman saja.

Baginya, itu tidak menjadi soal, sehingga akhirnya nekat melakukan transaksi. Keinginannya saat itu, sebenarnya Cash of Delivery, , dimana barang dikirim baru membayar di rumah. Tapi pemilik toko minta melalui rekening sehingga akhirnya mentransfer uang sekitar 2,3 juta rupiah. Dirinya merasa ditipu sebab dua minggu setelah uang dikirim, ternyata sepeda listrik yang dipesan tidak kunjung tiba di Ponorogo. Rencannya, sepeda itu akan diberikan sebagai hadiah buat sang ibu untuk bekerja. Dirinya dan keluarganya di Ponorogo sudah mencoba mengurus dengan menghubungi nomor telpon dan whatsapp pelaku, namun justru diblokir.