Berawal Dari Hobi, Pemuda Asal Bungkal Produksi Miniatur Bus

Menginspirasi apa yang dilakukan Ahmad Fathul Khoiri, Di Sela-sela giatnya sebagai pengajar ia menekuni keterampilan miniatur bus, Ia melakukan itu karena terinspirasi dari bus-bus yang memang menjadi kesukaannya. Oleh sebab itu pada tahun 2017 ia mulai membuat miniatur bus dari kertas, tetapi sekarang ia mulai menggunakan bahan dari triplek yang dirasa kuat. Sementara gambar atau lukisannya ia membuatkan stiker agar tampak mirip asli karena punya efek yang terang, Dalam 1 Bulan ia bisa memproduksi 30 unit terjual.


Untuk satu unit Khoiri bisa mengerjakannya dalam waktu 2 hari, untuk harga berbeda-beda tergantung kerumitan nya, Kalau yang biasa tanpa lampu ia hargai Rp70.000 sementara untuk yang menggunakan lampu ia bandrol Rp95.000, sedangkan panjang dari miniatur bus itu 30 cm. Untuk pemesanan selain dari Jawa Timur dan Jawa Tengah ia mengaku pernah mendapat pesanan dari Sumatra, Ia pun tak hanya menjual miniatur bus yang sudah jadi tetapi bahannya juga ia jual untuk dirangkai sendiri.

Ahmad menambahkan saat ini Peminat miniatur bus nya masih mayoritas anak-anak yang dibelikan oleh orang tua mereka, a mengaku penjualannya mulai mengalami peningkatan setelah diwawancarai salah satu televisi Nasional tetapi turun setelah pandemi corona melanda. Harapannya dengan hobi yang bisa menghasilkan uang tersebut bisa ditiru oleh generasi muda agar lebih kreatif.