Menjadi Kampung KB Percontohan, Kelurahan Banyudono Dikunjungi BKKBN Provinsi

Warga kelurahan Banyudono Kecamatan Ponorogo boleh bangga menyusul ditetapkannya menjadi Kampung KB percontohan Kamis 12 November 2020, Kelurahan yang dipimpin Joko Setyo Jarwanto tersebut dikunjungi tim dari BKKBN Provinsi Jawa Timur. Harjono Kepala Dinas pengendalian penduduk dan KB mengatakan tim BKKBN Provinsi akan melakukan evaluasi dan monitoring di Kelurahan Banyudono karena dinilai lebih menonjol dari sisi pemberdayaan masyarakatnya. 


Di Kabupaten Ponorogo sebenarnya ada 38 kampung KB, hanya saja yang ditunjuk sebagai percontohan hanya Kelurahan Banyudono, kampung KB sendiri merupakan wahana pemberdayaan masyarakat dimana sebuah program dari BKKBN untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di tingkat kampung serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas, di Kelurahan Banyudono sudah tercipta kelompok masyarakat yang produktif salah satunya memiliki kerajinan batik, tak hanya itu rumah data yang dimilikinya juga sangat bagus sehingga tidak salah jika ditetapkan sebagai kampung KB percontohan, jika sudah dikunjungi tim BKKBN Provinsi biasanya akan diikutkan dalam perlombaan tingkat Jawa timur.

Sementara Joko Setyo Jarwanto lurah Banyudono mengaku bersyukur dan bangga bahwa kelurahannya terpilih menjadi kampung KB percontohan, selain rumah data yang menarik hati untuk dikunjungi tim BKKBN Provinsi Jatim juga adanya kerajinan batik di lingkungannya, bahkan batik produksi warga yakni batik mukti wibowo sudah dipakai oleh sejumlah kantor maupun Dinas di lingkungan Pemkab Ponorogo. (adv)