31 Puskesmas Di Ponorogo Sudah Terakreditasi Dengan Tingkatan Madya

Pemkab Ponorogo berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas kesehatan di Bumi Reog. Salah satu caranya adalah dengan meningkatkan mutu layanan 31 Puskesmas yang tersebar di 21 Kecamatan di Ponorogo.


Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo mengatakan selama 5 tahun terakhir Puskesmas menjadi salah satu perhatian Pemkab Ponorogo karena menjadi fasilitas kesehatan yang paling dekat dengan masyarakat.

Irin, sapaan akrabnya mengungkapkan saat ini 31 Puskesmas di Ponorogo sudah terakreditasi dan sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Sehingga kalau sudah terakreditasi Puskesmas tersebut sudah memberikan layanan secara standar nasional. 

Pihaknya menyebutkan, rata-rata Puskesmas di Ponorogo sudah terakreditasi dengan tingkatan Madya.Meskipun puskesmas sudah diakreditasi bukan lantas bersantai. Pihaknya terus upgrade untuk meningkatkan mutu layanan dan keamanan baik bagi petugas maupun penerima layanan agar akreditasinya juga naik.

Lanjut Irin, Pemkab Ponorogo telah melakukan pemenuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di setiap Puskesmas di Ponorogo. Jika dulu dokter tidak cukup untuk 31 Puskesmas saat ini setiap Puskesmas sudah ada dokternya bahkan ada 8 Puskesmas yang dokternya lebih dari dua. Selain itu pemenuhan SDM, dalam lima tahun terakhir sudah ada renovasi Puskesmas sebanyak 38 kali.

Dengan kata lain, ada beberapa Puskesmas yang sudah dilakukan peremajaan fisik lebih dari satu kali dalam lima tahun terakhir. Untuk semakin mendekatkan masyarakat dengan fasilitas kesehatan, Pemkab Ponorogo juga berencana untuk membangun Puskesmas di Desa Selur, Kecamatan Ngrayun pada 2021. (rl)