Ajak Anak-anak Suka Makan Buah dan Sayur, Dipertahankan Launching Gemayur

(Advertorial News)


Mengingat masih banyak anak-anak di Ponorogo yang tidak suka mengkonsumsi buah dan sayur, mengetuk hati Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan – Dispertahankan untuk melakukan kegiatan Gerakan Makan Sayur dan Buah – Gemayur. OPD yang dipimpin Andi Susetyo itu, Senin 9 November melakukan launching Gemayur di Kelurahan Kertosari.

Kepada gema surya, drh. Andy Susetyo, Kepala Dispertahankan mengatakan pihaknya mengundang anak-anak sekolah di kelurahan setempat agar suka akan sayur dan buah. Caranya, mengedukasi mereka tentang pentingnya sayur dan buah melalui sebuah cerita yang disampaikan secara menarik melalui dongeng. Lebih lanjut dikatakan, jika sayur dan buah sekarang mudah didapat dan murah. Melalui program ketahanan dapur dan rumah pangan lestari, warga sudah banyak menanami lahan kosong dilingkungannya dengan berbagai jenis sayur mayur. Selain itu, juga banyak yang beternak ayam dan memlihara ikan. Dengan gerakan mengkonsumsi buah dan sayur, diharapkan anak-anak tidak lagi suka jajan sembarangan. Makanan yang dikonsumsi mereka harus beragam, bergizi dan tentunya aman.

Sementara Trina Mudhofir, Lurah Kertosari mengatakan, karena wilayahnya perkotaan, maka warganya bertanam sayur mayur melaui polibek. Ada yang menanaminya dengan terong, kangkung, bayam, kenikir dan masih banyak lagi. Awalnya, yang menggerakkan adalah Kelompok Wanita Tani (KWT) Sri Makmur Kelurahan Kertosari.

Sementara, dalam launching yang berlokasi di KRPL Gotong Royong itu, selain melibatkan anak-anak juga melibatka PKK  serta kalangan ibu rumah tangga. Peranan ibu sangat penting agar bisa membuat anak-anaknya tertarik makan sayur dan buah dengan menyajikan menu yang menarik. Dalam mengedukasi anak-anak untuk tertarik makan sayur dan buah sengaja mengundang pendongeng nasional, Kak Ucon.