Antisipasi Dampak Banjir, Pantangi Gelar Baksos di DAM Cokromenggalan

Upaya antisipasi banjir terus dilakukan berbagai pihak, termasuk warga Cokromenggalan yang tergabung dalam paguyuban pecinta sungai/ Pantangi DAM Cokro. Sabtu pagi 24 Oktober 2020, ratusan warga bersama dengan sejumlah instansi terkait menggelar Bakti Sosial/ Baksos. Dalam kegiatan ini kata Teguh Haryono, Wakil Ketua Pantangi, berbagai kegiatan digelar seperti menabur benih ikan, penghijauan hingga pembersihan sungai. Karena meski saat ini masih di awal penghujan, namun ternyata DAM Cokromenggalan telah mendapat kiriman sampah dari sungai-sungai yang di bagian atas. Bahkan Kamis lalu, ketika air sungai meluap puluhan kubik sampah nyangkut di DAM tersebut, sehingga bila tidak dibersihkan bisa saja membuat banguan jembatan ambrol dan mengganggu saluran irigasi di ratusan hektar sawah yang pengairannya selama ini mengandalkan air dari DAM Cokro. Apalagi sejak beberapa waktu lalu, Pantangi sudah meluncurkan perahu wisata yang cukup diminati oleh pengunjung.


Mau tidak mau, agar pengoperasian perahu wisata berjalan lancar, butuh air sungai yang bersih dan bebas sampah. Dengan sungai yang bersih, pengunjung akan lebih betah berlama-lama menyusuri aliran air sepanjang 3 Kilometer tersebut. Lebih lanjut dikatakan Teguh, selain perahu wisata, Dam Cokromenggalan selama ini juga dikenal sebagai tempat ternyaman bagi para pemancing. Mereka yang punya hobi memancing pasti akan menyukai, karena sudah ada ribuan ikan yang ditabur dan menghuni sungai tersebut, tidak hanya oleh Pantangi, namun juga warga yang lain.

Semantara Sapto Jatmiko, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, sangat mendukung upaya bersih-bersih sungai oleh Pantangi DAM Cokro. Bahkan pihaknya ingin kegiatan itu dilakukan secara berkelanjutan oleh komunitas-komunitas yang ada di Ponorogo di kawasan lain. Pihaknaya siap mensupport dengan menyediakan anekan tanaman non produktif yang bisa menyerap air, hingga pengangkutan sampah. Harapannya, di tengah pandemi sekarang ini tidak mengurangi upaya-upaya penyelamatan kelestarian lingkungan dan kebersihan.