RSU ‘Aisyiyah Ponorogo Terima Bantuan APD-ALKES dari USAID

RSU ‘Aisyiyah Ponorogo menjadi satu di antara 30 RSU ‘Asyiyah/ Muhammadiyah se-Indonesia yang menerima bantuan tahap I berupa Alat Pelindung Diri (APD) dan Alat Kesehatan (Alkes) dari Badan Bantuan Pembangunan Internasional Amerika – USAID. Bantuan diserahkan simbolis secara virtual, Kamis, (22/10) dari RSU PKU Muhammadiyah Gamping, Yogyakarta.


dr. Agus Taufikurrohman, dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Bidang Kesehatan, dalam sambutanya menegaskan komitmen Muhammadiyah untuk tetap berada di barisan terdepan dalam penanganan dan pencegahan maupun pengendalian covid -19. Selain itu, Muhammadiyah terus akan bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat yang peduli terhadap virus corona, termasuk USAID.

Sementara itu Ryan Washburn – Perwakilan USAID Indonesia mengatakan, lembaganya mengucurkan hampir 10,52 M untuk untuk kesuksesan Program Mentari Covid – 19 yang di gagas PP Muhammadiyah. Pihaknya concern dalam penanganan covid-19 dari titik nol yakni dari Rumah Sakit dan fasilitas kesehatan. Dimana, keduanya saat ini sangat membutuhkan ketersedian Alkes maupun APD. Setelah itu, tegas Ryan, dilanjutkan dengan Program Pelatihan, Ketersediaan Peralatan dan Kesiapan Fasilitas Kesehatan.

Sementara itu, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia yang di wakili dr. Ashral Hasan, M.P.H., menyambut baik kolaborasi dua lembaga besar yang sudah sangat membantu penanganan corona di Indonesia selama ini. Atas nama pemerintah berharap semoga, ke depan bisa terus ditingkatkan.

Di lain sisi, dr. Wegig Wijanarko – Direktur RSU ‘Aisyiyah Ponorogo menambahkan ,bahwa seluruh bantuan sudah diterima dengan baik pekan lalu dan siap di manfaatkan untuk peningkatan pelayanan RSU ‘AISYIYAH Ponorogo untuk seluruh lapisan masyarakat.