Dekat Pemukiman, Kebakaran Sampah di Jalan Sumatra Bikin Panik Warga

Dalam seharian kemarin, armada Pemadam Kebakaran (Damkar) harus dua kali keluar kandang. Setelah Jumat siang melakukan pemadaman api yang menghanguskan dapur rumah bu Sriyani di jalan Thamrin, sore harinya mobil damkar juga melaju kencang ke arah jalan Sumatera, karena ada warga yang melapor terjadi kebakaran di belakang rumah mereka.


Siswanto, Kabid Tibumkar Satpol PP menjelaskan, kebakaran yang sempat membuat kalangkabut warga sekitar itu bersumber dari tumpukan sampah rumah tangga. Meski hanya tumpukan sampah yang terbakar, namun membuat panik karena lokasinya sangat dekat dengan pemukiman warga. Apalagi, angin bertiup sangat kencang, sehingga sulit dipadamkan oleh warga sehingga mengundang tim damkar untuk datang ke lokasi.

Bila tidak segera dilokalisir, kata Siswanto , bisa saja menyambar  rumah-rumah warga yang ada di sekitarnya. Dalam waktu setengah jam, api berhasil dikuasai oleh satu mobil damkar yang diterjunkan ke lokasi. Sementara kerugian akibat kebakaran nihil. Dengan kejadian ini, warga dihimbau berhati-hati saat membakar sampah, apalagi cuaca belakangan ini sangat panas, sehingga mudah memicu kebakaran.