Terminal Seloaji Ponorogo, Maju Mewakili Jatim Dalam Lomba Terminal Sehat 2020.

Warga Ponorogo boleh bangga memiliki terminal Seloaji Ponorogo. Pasalnya, setelah dikukuhkan sebagai terminal tangguh, kini juga mewakili Jawa Timur maju ditingkat Nasional dalam lomba terminal sehat 2020. Eko Hadi Prasetyo, koordinator satuan pelayanan terminal type A Seloaji, kepada Gema Surya mengaku tak menyangka bisa mewakili propinsi sebagai terminal sehat.


Sebab, di Jatim sendiri, ada sekitar 15 terminal dengan Type A,. Untuk itu, pihaknya merasa bersyukur, sebab untuk menjadi terminal sehat sendiri tidak mudah. Penilaian dilakukan sejak bulan Juli hingga Oktober nanti, dengan memperhatikan banyak sektor. Mulai dari pedagang makanan minuman yang ada diterminal, sanitasi, kebersihan, bebas asap rokok, hingga patuh pada protokol kesehatan. Untuk itu,  pihaknya mendapat bimbingan dari Dinas Kesehatan untuk bisa mewujudkan terminal yang benar benar sehat.

Sementara Anik Setyorini, KASI Kesehatan Lingkungan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Ponorogo mengatakan, pihaknya secara rutin memantau semua fasilitas umum di Ponorogo termasuk terminal Seloaji. Sehingga, kebersihan dan kesehatan dilingkungan terminal bukan semata-mata karena akan mengikuti lomba namun menjadi kegiatan rutin.

Selain ada penataan untuk pedagang makanan minuman didalam terminal, kebersihan didalam terminal menjadi hal yang wajib dilakukan. Tempat sampah harus tertutup ada pemisahan antara organik dan an organik, air didalam terminal harus bersih begitupula dengan toiletnya. Yang paling penting, mewujudkan terminal bebas asap rokok. Selain itu sopir dan kru nya juga rutin dicek kesehatanya, apalagi disaat pandemi ini. (adv)