3000 Personil Akan Diterjunkan dalam Pengamanan Pilkada 2020

3000 Personil
Foto : Yudi/ Simulasi Pengamanan Pilkada 2020

Persiapan pengamanan menjelang gelaran Pilkada 2020 terus dikebut oleh Polres Ponorogo. Jum’at siang, ribuan petugas mengikuti simulasi pengamanan tahapan Pilkada 2020. Layaknya pengamanan sungguhan, mereka berlatih untuk menghalau para pengunjuk rasa yang tidak puas dengan kekalahan pasangan calon yang diusung.


Dalam simulasi yang digelar di Aloon-aloon Ponorogo ini, anggota polisi juga mengeluarkan tembakan gas air mata untuk meredam aksi kerusuhan yang dilakukan oleh peserta pengunjuk rasa.

Usai simulasi pengamanan tahapan Pilkada 2020, AKBP Muhammad Nur Aziz, Kapolres Ponorogo mengatakan saat Pilkada 2020 ada 3000 personil keamanan yang akan diterjunkan. 3000 personil dari berbagai unsur yakni Kepolisian, TNI, dan Satpol PP akan disebar di seluruh Polsek dan Koramil.

Nantinya pengamanan akan dimulai dari tahapan pendaftaran pasangan calon Bupati dan wakil Bupati hingga selesai penetapan pemenang calon Bupati dan Wakil Bupati. Lanjut AKBP Muhammad Nur Aziz, Polda dan Polres tetangga juga memback-up keamanan Pilkada di Ponorogo.

Meski setiap tahapan Pilkada ada kerawanan namun masih bisa dikendalikan. Sementara obyek vital misalnya gedung Pemkab, KPUD, dan bawaslu akan lebih ditingkatkan pengamanannya. (yd)