Musim Pancaroba Angin Mulai Kencang, BPBD Himbau Warga Waspada

Pergantian musim penghujan ke musim kemarau mulai terasa di bumi Ponorogo. Angin mulai terasa cukup kencang sejak Senin kemarin.


Seperti dikatakan Setyo Budiono – Kabid Kedaruratan Dan Logistik BPBD ketika dikonfirmasi Gema Surya FM membenarkan sudah terjadi pergantian musim sehingga cuaca begitu terasa dingin. Belum lagi angin juga cukup kencang. Biasanya yang hanya 15–17 km/jam, sekarang mencapai 28 km per jam.

Dengan perubahan musim inilah, masyarakat dihimbau perlu waspada dan lebih memperhatikan kondisi pohon-pohon di sekitarnya. Termasuk dengan kondisi rumah kalau ada yang lapuk hendaknya untuk diperbaiki agar tidak keduluan roboh. Karena musim pancaroba seperti sekarang, angin akan bertambah kencang.

Sementara untuk mengantisipasi terjadinya kebakaran dan kekeringan di musim kemarau. BPBD telah melakukan koordinasi dengan camat, TNI, Polri untuk bersama-sama melakukan upaya agar tidak sampai terjadi.

Sedangkan untuk wilayah kekeringan, dari 26 desa yang terdampak dan 6 sumur yang didirikan hanya satu sumur yang keluar airnya. Harapannya ada upaya-upaya yang harus dilakukan oleh pihak desa dan pihak terkait lainnya agar tidak selalu mengandalkan droping air.