Bantu Navigasi Pemudik, Rapi Dirikan 7 Posko Lebaran

Untuk mendukung kelancaran mudik lebaran, berbagai pihak turut berpartisipasi sesuai dengan bidang masing-masing. Tak terkecuali komunitas RAPI (Radio Antar Penduduk Indonesia) wilayah Ponorogo. Sedikitnya ada 7 posko yang didirikan RAPI. Tersebar di wilayah Ponorogo meliputi wilayah Kota, Kauman, Siman, Jetis, Pulung, Ngebel, dan Sampung.


Pudjo Utomo Koordinator RAPI Ponorogo bilang, pendirian posko tersebut sudah dilakukan sejak H-5 kemarin. Dengan tujuan utama untuk membantu navigasi para pemudik dari berbagai daerah. Karena berdasarkan pengalaman tahun lalu, banyak pemudik yang tersesat gara-gara hanya mengandalkan GPS. Pihaknya juga siap membantu jika sewaktu-waktu ada pemudik yang mengalami masalah dengan kendaraanya seperti mogok. Di posko Rapi juga dilengkapi tempat tidur bagi pemudik yang ingin beristirahat karena kurang enak badan.

Suara : Pudjo Utomo – Koordinator RAPI Ponorogo

Beberapa posko tergabung dengan pihak kepolisian dan instansi lain, namun juga ada yang mandiri. Bahkan sebaliknya ada juga kepolisian dan instansi lain yang bergabung dengan posko RAPI. Masing-masing posko dijaga sekitar 15 anggota setiap shiftnya. Total anggota rapi di Ponorogo sendiri berjumlah sekitar 350.

Posko rapi akan beroperasi dari H-5 hingga H+10, 30 Mei s.d. 15 Juni 2019. (hk)