Ambil Penumpang di Terminal, Driver Ojol dan Konvensional Cekcok

Gara-gara rebutan penumpang, ketegangan terjadi antara driver ojek online (ojol) dengan ojek konvensional di Ponorogo. Peristiwa yang terjadi sepekan lalu itu dipicu oleh salah satu ulah driver ojol yang nekat mengambil penumpang dari dalam terminal Seloaji. Padahal, selama ini sudah ada aturan dan kesepakatan bahwa pengemudi ojol tidak diperbolehkan masuk ke dalam terminal seloaji hingga radius 500 meter di luar terminal.


Usut punya usut kata Junaidi, kepala Dinas Perhubungan ternyata oknum tersebut berasal dari operator baru yang belum lama beroperasi di Ponorogo, sedangkan aturan itu muncul sekitar 3 tahun lalu. Sehingga yang bersangkutan berdalih tidak tahu atau belum mengerti aturan tersebut.

Akhirnya pihak Dinas Perhubungan mengumpulkan semua pelayanan jasa angkutan, baik ojol maupun para ojek konvensional, petugas terminal, polres sampai Corps Polisi Militer (CPM) untuk membuka kembali kesepakatan yang diambil 3 tahun lalu.

Hasilnya, disepakati lagi secara tertulis kalau ojol tidak akan mengambil penumpang di dalam terminal hingga jarak 500 meter di luar terminal. Karena itulah, agar tidak terjadi pelanggaran lagi dan memunculkan gesekan, maka pihaknya akan memasang papan pengumuman terkait aturan bagi ojol di terminal seloaji. (is)