Polres Mulai Pusatkan Kekuatan Pengamanan di Alun-Alun Ponorogo

Setelah selesai melakukan pengamanan Pilkades serentak, tugas baru bagi personil Polri sudah menunggu antri lagi. Mulai dari pasar malam Alun-alun, operasi ketupat sampai pengamanan lebaran. Iptu Yudi Krsitiawan Kabag OPS Satlantas Polres Ponorogo mengakui padatnya tugas Polri dimulai sejak perhelatan pileg – pilpres awal April lalu sampai sekarang belum usai, malah tambah padat ungkapnya.


Karena akan dibuka Sabtu malam 25/05/19, maka pihaknya akan melakukan kekuatan pengamanan di pasar malam Alun-alun. Selanjutnya akan dilakukan penataan rambu-rambu kususnya di seputaran kawasan Alun-alun sebagai pusat keramaian warga dalam merayakan lebaran. Penataan rambu akan dilakukan bersamaan dengan operasi ketupat yang dimulai tg 29 Mei – 10 Juni 2019. Adapun untuk pengalihan arus, masih kata Iptu Yudi sifatnya kondisional. Artinya, pengalihan arus akan dilakukan kalau dirasa sudah ada tanda-tanda kemacetan di sejumlah kawasan wilayah kota Ponorogo.

Iptu Yudi Kristiawan menambahkan, dalam pengaturan arus lalu lintas di kawasan Alun-alun selama lebaran pihaknya sudah merencanakan 2 master plan. Pertama, jika kemacetan arus lalu lintas tidak parah, sebatas akan dilakukan petupan jalan depan pegadaian dan depan apotik rayahu pertigaan Alun-alun utara. Arah dari Jalan raden saleh hanya boleh ke selatanalun alun timur atau satu arus. Plan ke-2 jika masih timbul kemacetan arus depan pegadaian dibuka, sedangkan depan apotik rahayu ke timur ditutup total, pengendara hanya boleh satu arah melalui Alun-Alun timur ke selatan. (rh)