Jelajah

Pengadaan Mobil PMK tidak Dianggarkan dalam APBD 2021

Pandemi corona, menyebabkan sejumlah kebijakan anggaran yang semula menjadi prioritas, menjadi tergeser. Salah satunya, pengadaan mobil  kebakaran PMK, lagi-lagi tak masuk dalam alokasi anggaran dalam APBD 2021. Tahun lalu, sempat dianggarkan sebesar Rp. 3 miliar, namun akhirnya di refocusing untuk penanganan Covid-19.

Suko Kartono, Kepala Satpol PP Pemkab mengaku jika ketika tahun lalu gagal dianggarkan bisa dianggarkan ulang tahun ini, namun ternyata  anggaran masih difokuskan untuk prioritas lain sehingga pengadaan mobil PMK tergeser lagi.

Padahal diakui atau tidak, kebutuhan mobil damkar sangat mendesak.  Suko sempat lega awal tahun 2020 ada anggaran Rp. 3 miliar untuk pengadaan mobil damkar dengan rincian satu mobil damkar dan dua mobil suplai air.

Namun karena Covid-19 melanda akhirnya anggaran tersebut harus di refocusing anggaran untuk penanganan Covid-19. Sehingga di tahun 2020 pihaknya hanya memperbaiki mobil damkar yang ada agar bisa dioperasikan sehari-hari.

Saat ini dari tiga mobil damkar yang dimiliki Pemkab hanya dua saja yang  bisa dioperasionalkan, yakni mobil damkar keluaran tahun 2002  sedangkan satu unit lagi keluaran 1982 sudah mangkrak karena rusak parah. (yd/rl)