UMPO Naik Peringkat, Tempati Urutan 77 Perguruan Tinggi Terbaik se-Indonesia Versi Webometrics

Awal tahun ini, Universitas Muhammadiyah Ponorogo (UMPO), mendapat kado yang cukup istimewa. Universitas yang ada di Jalan Budi Utomo ini ditetapkan sebagai perguruan tinggi terbaik oleh Webometrics Ranking of World Universities, di mana berada di urutan ke 77 dari seluruh perguruan tinggi negeri ataupun swasta se-Indonesia.


Webometrics Ranking of world Universities sebagai lembaga pemeringkatan universitas dunia, yang mencangkup lebih dari 31.000 institusi perguruan tinggi dari 200 negara di dunia. Sejak tahun 2004 Webometrics Ranking of World Universities melakukan penilaian dengan membangun indikator-indikator untuk menjaga pembaruan data dari hasil kinerja perguruan tinggi seperti dilansir dari webometrics.info.

Tentu saja prestasi tersebut membuat civitas akademika UMPO Ponorogo bangga dan bersyukur, sebab tahun lalu masih berada di peringkat 100, kini naik di urutan 77 terbaik.

Kepala Bagian Humas dan Kerjasama UMPO, Edi Santoso, SE. MM mengatakan, peringkat yang dicapai UMPO tidak terlepas dari peningkatan layanan yang sesuai dengan kriteria penilaian webometrics yaitu, visibility, transparansi, excellence, dan presensi.

Visibilty sendiri memperoleh bobot nilai hingga 50 persen, di mana  keaktifan sebuah perguruan tinggi melalui jaringan IT di mana menampilkan kelayakan gedung, eksistensi hingga fasilitas penunjang pendidikan di perguruan tinggi itu. Transparansi memperoleh bobot nilai 10 persen, di mana keterbukaan salah satunya menyangkut soal jumlah riil mahasiswa dana keaktifannya, excellence mendapat skor 35 persen dan presensi sekitar 5 persen.

Sementara dr. Happy Susanto MA, Rektor Universitas Muhammadiyah Ponorogo menambahkan jika peringkat ke 77 sebagai perguruan tinggi terbaik se Indonesia hasil dari kerja keras semua civitas akademika, khususnya para dosen.

Hanya saja rangking tersebut tentu menjadi tantangan tersendiri di mana UMPO harus bisa meningkatkan pelayanan di dunia pendidikan serta membawa manfaat bagi Ponorogo. Apalagi khusus untuk perguruan tinggi Muhammadiyah pihaknya menempati urutan ke 5. UMPO harus bisa mewujudkan harapan masyarakat dimana kota kecil seperti Ponorogo, perguruan tingginya memiliki standar yang diakui oleh dunia. (rl)