Tugu Nol Kilometer, Icon Baru Ponorogo

Tak lama lagi Ponorogo akan mempunyai Tugu Nol Kilometer. Tugu Nol Kilometer akan ditandai dengan patung berbentuk terompet reog di Jalan Soekarno Hatta tepatnya masuk di Kelurahan Banyudono. Saat ini Tugu Nol Kilometer dalam proses pembangunan.


Sapto Djatmiko Kepala Dinas Lingkungan Hidup mengatakan pendirian Tugu Nol Kilometer ini merupakan keinginan dari kalangan seniman yang ingin mendirikan tugu itu di tempat tersebut. Pasalnya daerah lain mempunyai Tugu Nol Kilometer kenapa Ponorogo tidak. Padahal Ponorogo juga mempunyai lokasi Nol Kilometer yang telah ditetapkan.

Masih kata Sapto, pembangunan Tugu Nol Kilometer tersebut swadaya seniman dan masyarakat yang ingin membangun Tugu Nol Kilometer. Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Kawasan Permukiman (DPUPKP) terkait pembangunan tugu nol kilometer. Nantinya DPUPKP juga berencana menambah patung yang khas Ponorogo. Pengerjaan patung nol kilometer berbentuk terompet tersebut sudah dimulai sejak awal Oktober dan rencana selesai Desember.