JelajahPolitik

Luluk Nur Hamidah, Calon Gubernur Jawa Timur yang Diusung PKB, Janjikan Insentif bagi Pelaku Seni

Luluk Nur Hamidah, calon gubernur Jawa Timur yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), berkomitmen memberikan insentif kepada pelaku seni yang melestarikan kebudayaan daerah, tak terkecuali seniman Reog. 

Hal ini disampaikan perempuan asal Jombang tersebut saat bertemu kader dan relawan pendukungnya di Gedung Bakti, Ahad, 27 Oktober 2024. 

“Saat menjadi anggota DPR RI, saya pernah membawa Reog Ponorogo dan pencak silat ke Arab Saudi, seluruh pemainnya berasal dari Ponorogo,” kata Luluk.

Pihaknya berjanji akan menganggarkan insentif bagi pelaku seni yang melestarikan budaya daerah, misalnya jathil dan pemain musik, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan mereka ke depannya.

Selain itu, pasangan calon wakil gubernur Lukmanul Khakim ini berkomitmen akan menyelenggarakan berbagai acara terkait Reog, mulai dari tentang warok, pengrajin gamelan Reog, hingga sejarah Reog itu sendiri.

Sekadar informasi, selain bertemu relawan dan kader, Luluk Nur Hamidah juga melakukan makan siang di Sate Tukri, kemudian bertemu seniman Reog, serta melakukan ziarah ke makam di Tegalsari Jetis, sekaligus ngopi bareng. (yd/ab)