Jelajah

Lolos 4 Besar Usulan UCCN 2025, Modal Besar Ponorogo Masuk Jejaring Kota Kreatif UNESCO

Ponorogo terus berjuang untuk masuk dalam UNESCO Creative Cities Network (UCCN) pada tahun 2025 setelah berhasil lolos seleksi 4 besar dalam ajang KaTa Kabupaten/Kota Kreatif tingkat nasional. Dalam persaingan ketat, Ponorogo bersanding dengan Kabupaten Tangerang, Kota Malang, dan Kota Makassar.

Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Ponorogo (Disbudparpora), Judha Slamet Sarwo Edi, menyampaikan bahwa mereka telah melakukan presentasi dossier serta pemaparan di hadapan panitia seleksi nasional Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada 23 September lalu.

“Kami sudah memaparkan dengan sebaik mungkin di hadapan panitia seleksi nasional. Kami optimis dengan persiapan yang matang dan dukungan masyarakat, Ponorogo bisa lolos UCCN 2025,” ujar Judha.

Ponorogo mengusung sektor unggulan berupa kerajinan dan pertunjukan dalam upaya menjadi bagian dari jaringan kota kreatif UNESCO. Untuk tahap seleksi lanjutan, tim penilai akan melakukan verifikasi dan cross-check pada 26-28 September.

“Kami berharap hasil verifikasi nanti akan memperkuat peluang kami. Setelah sempat gagal di 2022 dan 2023, kali ini kami sangat optimis bisa berhasil,” tambah Judha.