Jelajah

Job Fair Ponorogo 2024 Resmi Dibuka Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi

Job Fair Ponorogo 2024 resmi digelar di Ponorogo City Center (PCC) Jumat, 20 September 2024. Acara ini dibuka langsung oleh Anwar Sanusi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker). Berlangsung selama dua hari, yakni 20 hingga 21 September 2024 Job Fair ini akan menyediakan 2.790 lowongan kerja dari 40 perusahaan yang berpartisipasi.

Job fair ini merupakan hasil kerjasama Kemnaker dan Pemerintah Kabupaten Ponorogo, tujuannya untuk mempertemukan pencari kerja dengan perusahaan secara langsung tanpa perantara, guna mengatasi kesenjangan antara supply tenaga kerja dan demand dari pihak perusahaan.

Anwar Sanusi Sekjen Kemnaker saat dikonfirmasi di lokasi mengatakan, selain membantu pencari kerja mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kompetensi para pencari kerja, job fair ini juga diharapkan mampu menurunkan angka pengangguran terbuka di Ponorogo. Salah satu fokus utama adalah mengatasi ketidaksesuaian antara kebutuhan perusahaan, dan ketersediaan tenaga kerja yang memenuhi kriteria.

Sementara itu Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko saat ditemui di lokasi juga mengatakan, bahwa Pemerintah Kabupaten Ponorogo memberikan apresiasi atas kolaborasi ini dengan harapan dapat menekan angka pengangguran dan memperkuat ekosistem wirausaha lokal khususnya di sektor pariwisata.

Sementara itu para pencari kerja yang hadir memanfaatkan peluang ini untuk melamar berbagai posisi salah satunya Afifah Fitri yang mengaku mendapat informasi job fair dari media sosial. Dirinya yang merupakan fresh graduate dari lulusan pendidikan selain melamar sesuai dengan jurusanya, juga melamar di bidang keuangan, dengan harapan bisa diterima di salah satu perusahaan yang ia lamar.