AdvertorialJelajah

Hari Palang Merah Indonesia ke 79, PMI Ponorogo Dropping 60 Ribu Liter Air Bersih Ke Wilayah Kekeringan

Bencana kekeringan yang melanda sejumlah wilayah di Ponorogo mendapat perhatian khusus dari Palang Merah Indonesia -PMI. Dalam rangka  memperingati Hari ulang tahunnya ke 79 yang jatuh pada 17 September nanti, Palang Merah Indonesia PMI cabang Ponorogo menggelar bakti sosial. Salah satunya menyalurkan air bersih ke daerah rawan kekeringan. Data di PMI ada beberapa wilayah kekeringan yang akan di bantu droping air yakni di Jengring Duri dan Wates Slahung, Desa Karang Patihan dan Sidoharjo Pulung, Belang dan Munggu Bungkal.

Luhur Karsanto,  ketua pengurus  kabupaten, PMI Ponorogo mengatakan setelah dilakukan survey wilayah tersebut memang layak untuk mendapatkan bantuan air bersih. Apalagi di Dukuh Jenggring Desa Duri Slahung, setiap tahunnya selalu dilanda kekeringan. Pihaknya bekerja sama dengan BPBD Ponorogo dalam kegiatan tersebut dimana siap menyalurkan sekitar 60 ribu liter air bersih yang diberangkatkan langsung oleh Bupati Sugiri Sancoko di depan pinggiran pemkab.

Harapannya, penyaluran air bersih tersebut,sedikit membantu warga yang terdampak kekeringan dimusim kemarau ini.Sementara dalam kesempatan yang sama, Luhur Karsanto berpesan agar warga bijak menggunakan air karena banyak orang yang membutuhkan.

Selain itu, selalu memelihara kelestarian alam untuk melindungi  sumber airAgung Prasetyo, kabid kedaruratan dan logistik BPBD Ponorogo mengatakan pihaknya bersinergi dengan PMI dan beberapa relawan, dalam menyalurkan air bersih dimusim kemarau ini. Apalagi ada perluasan kekeringan dimana yang awalnya hanya 3 kecamatan saja kini sudah mencapai 5 kecamatan, yakni Slahung, Bungkal, Sawoo, Pulung dan Sokoo.