Jelajah

Cuaca Dingin, Permintaan Obat Bapil di Apotik Naik 20 Prosen, Warga Pilih Swamedikasi

Cuaca bediding di Ponorogo permintaan obat batuk pilek di sejumlah apotik meningkat. Hal itu mengindikasikan warga pilih melakukan swamedikasi ketimbang berobat ke dokter atau layanan fasilitas kesehatan lainnya.

Arif nasruhan, salah satu pemilik apotik di Jalan urip Sumoharjo mengatakan, ada peningkatan permintaan obat batuk pilek sekitar 10 hingga 20 prosen.

Umumya mereka mengeluh terkena bapil lantaran alergi dingin atau debu. Mungkin keluhannya ringan sehingga tidak sampai menggangu aktivitasnya. Pilihannya mengobati sendiri dengan mencari obat obatan di apotik atau toko obat ketimbang ke dokter.

Selain batuk pilek, cuaca dingin dan berangin juga bisa memunculkan penyakit lain seperti sakit perut. Angin menyebabkan debu berterbangan yang membawa banyak bakteri

Ketika bakteri hingga di makanan atau minuman yang tidak ditutup, bisa termakan manusia sehingga menimbulkan gangguan pada pencernaan. Disinggung keju linu di musim sekarang, lanjut arif bisa jadi karena faktor usia dimana yang mengeluh mereka dengan umur diatas 50 tahun.