Jelajah

Kemenag Memperpanjang Pelunasan BPIH Hingga 19 Mei 2023

Kabar baik bagi jamaah haji Ponorogo tahun pemberangkatan 2023. Pasalnya pelunasan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) kembali diperpanjang untuk ketiga kali bagi jemaah yang belum menyelesaikan pembayarannya.

Marjuni, Kasi penyelenggara haji dan umroh ( PHU) kementerian Agama Ponorogo mengatakan Perpanjangan pelunasan BPIH ini merupakan yang ketiga kalinya dan mulai berlaku besok Selasa 16 Mei hingga Jum’at 19 mei pukul 15.00 WIB oleh pemerintah pusat.

Adanya perpanjangan tersebut kuota cadangan haji pun memperoleh tambahan 124 orang di perpanjangan ke 3 pelunasan BPIH. Perpanjangan ini karena secara nasional kuota haji 221 ribu belum terpenuhi. Pihaknya pun Selasa Siang, 16/5 ini mengumpulkan 124 orang yang masuk kategori cadangan haji ketiga.

Menurutnya mereka akan ditanya kesanggupan untuk melakukan pelunasan BPIH. Dari cadangan kuota haji pertama yakni dari 21 yang melunasi BPIH yakni 20 orang. Sedangkan cadangan kuota haji kedua 46 orang sudah melunasi semua.

Lanjut Marjuni, yang masuk kategori kuota cadangan haji bisa saja berangkat tahun ini. Namun dipastikan akan menjadi prioritas tahun depan untuk keberangkatan haji. Sedangkan calon jamaah haji yang berhak lunas yang belum melunasi BPIH 63 orang. Mereka masih mempunyai waktu untuk pelunasan hingga tanggal 19 Mei 2023.