HeadlineJelajah

Puluhan Ekor Sapi di Pudak Positif PMK

Penyakit Mulut dan Kuku – PMK akhirnya masuk Ponorogo. Informasinya puluhan ekor sapi di 4 desa di kecamatan Pudak terserang penyakit yang disebabkan oleh virus tersebut. 4 desa itu adalah Krisik, Pudak Wetan, Pudak Kulon dan Tambang.

Irwan Santoso, kepala desa Krisik Pudak membenarkan adanya ternak sapi yang positif kena PMK. Pertama ditemukan 3 ekor sapi namun akhirnya menyebar hingga 80 ekor. Penularannya cukup cepat karena dalam 5  hari penyakit yang ditakuti kalangan peternak tersebut sudah meluas.

Dinas pertanian ketahanan pangan dan perikanan sudah turun ke lokasi termasuk mewajibkan kandang yang terkena diisolasi. Bukan hanya sapi perah yg kena tapi sapi penggemukan. Adapun ciri-ciri sapi yang kena virus, selalu berair lidah penuh luka dan kuku lepas. Dari yang terkena tersebut belum ada yang mati dan peternak terus melakukan pengobatan.

Irwan Santoso khawatir dampak ekonomi akibat adanya PMK terhadap para peternak dan penampung susu. Produksi susu sudah berkurang 20 persen dimana satu penampung saja kehilangan sekitar 600 liter susu sehari. Padahal peternak sapi baru saja move on dari kasus corona kini dihantam dengan serangan PMK.