HeadlineJelajah

Jembatan Utama Desa Ngadiorojo Jebol, Roda Empat Tak Dapat Akses

Jembatan utama di jalan poros Desa Ngadirojo, Sooko, yang terletak di Dukuh Krajan jebol, sejak debit air di kali tersebut tinggi beberapa hari terakhir .  Saat gemasurya melakukan konfirmasi ke Kamituwo setempat, Agus Supriyanto membenarkan jebolnya jembatan Ngadirojo tersebut.

Jebolnya jembatan bukan karena usia yang melampaui tua, namun dikarenakan keberlangsungan proyek pelebaran jembatan . Sebab, dengan adanya proyek tersebut, talut sungai dirobohkan dan diperlebar dengan pemasangan talut baru . Namun, karena kondisi hujan intensitas tinggi hampir setiap hari mengguyur wilayah Ngadirojo dan menaikan debit air di kali tersebut , menyebabkan pekerjaan pembuatan talut baru belum rampung .

Jika pagi hari material endapan banjir dikeruk, sorenya debit air sungai naik lagi dan membawa material baru , Shingga, talud belum bisa terealisasi . Kondisi itu yang menyebabkan pondasi jembatan tak kuat menyangga beban dan akhirnya ambles hingga kedalaman 7 meter .

Agus Supriyanto  menambahkan, untuk saat ini, jembatan hanya dapat dilalui oleh roda dua, sementara roda empat harus berputar hingga 10 km berputar melewati Desa Klepu, Sooko .