Jelajah

Mulai Dilanda Kekeringan, 2 Desa Sudah Ajukan Droping Air Bersih ke BPBD

Kekeringan mulai melanda sejumlah wilayah di Ponorogo. Indikasinya, sudah ada Desa yang mengajukan droping air bersih ke BPBD. Yakni dukuh Sukun Sidoharjo dan Dukuh Dungus Karangpatihan Pulung serta Dukuh Bedog Wates Slahung. Agung Prasetyo Kabid kedaruratan dan Logistik BPBD Ponorogo mengatakan, untuk dukuh Bedog Wates Slahung ada sekitar 35 KK atau 140 jiwa yang terdampak. 

Kemarin pihaknya sudah menurunkan sekitar 6000 liter untuk masing masing wilayah yang mengajukan droping air bersih. untuk sementara satu pekan sekali namun akan menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Selain menyalurkan air bersih pihaknya juga memberikan bantuan bak penampungan. 

Adapun kepala Desa mengajukan bantuan air bersih karena sumber air di wilayah tersebut sudah mengecil bahkan ada yang tidak keluar sama sekali. Kekeringan diprediksi akan semakin meluas, apalagi sudah tidak ada hujan sama sekali dimusim kemarau ini. Pihaknya melalui Kecamatan sudah memberikan surat himbauan agar warga lebih bijak dalam menggunakan air bersih.