Jelajah

Jembatan Doplang Bajang Balong Akan Segera Dibangun Permanen

Jembatan Doplang Bajang Balong di Ponorogo akan segera dibangun secara permanen. Hal ini dipastikan setelah BPBD Provinsi Jawa Timur melakukan pengecekan dan menindaklanjuti usulan dari BPBD Ponorogo. Yudi Asmoro Santo, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD, menyampaikan dalam waktu dekat ini akan segera dimulai pengerjaan proyek jembatan yang menghubungkan antar dukuh tersebut.

Selain pembangunan Jembatan Doplang, juga akan dilakukan rehabilitasi talud yang ambrol di Desa Ketonggo, Bungkal. Yudi mengakui bahwa pembangunan Jembatan Doplang dan talud sangat mendesak. Saat jembatan tersebut hanyut terkena banjir, warga harus membangun jembatan semi permanen dari bambu. Akses jalan menjadi tersendat karena kendaraan roda empat dan roda dua dilarang melintas.

Kondisi ini membuat warga harus memutar sekitar 15 menit melalui Desa Ngasinan, Jetis, jika ingin ke balai desa, padahal jika ada jembatan, jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 2 menit saja. Begitu pula dengan talud di Sungai Ketonggo, Bungkal, yang jika tidak segera diatasi, kerusakannya akan terus meluas dan mengancam badan jalan.

Rencananya, Jembatan Doplang yang akan dibangun nanti memiliki panjang 13 meter dan lebar 5 meter.